Untuk pengembangan silabus dan RPP PAI SMP Berkarater, di
bawah ini dimuatkan contohnya.
Contoh Silabus PAI SMP:
SILABUS
Nama
Sekolah
: SMPN …….
Mata
Pelajaran
: PAI
Kelas/Semester
: IX / 1
Standar
Kompetensi
: Memahami Ajaran Al Qur’an surat At-Tin
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||||
TM
|
TT
|
KMTT
|
Teknik
|
Bentuk Instumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||
1.1 Membaca QS At-Tin dengan tartil
|
Q.S at-Tin
|
Peserta didik menelaah dan mengeja Q.S at-Tin
|
Peserta didik membaca Q.S at-Tin
|
Peserta didik menghafal Q.S at-Tin
|
Melafalkan Q.S at-Tin
Membaca Q.S at-Tin
Menghafal Q.S at-Tin
|
Tes Praktik
Tes Identifikasi
Bacalah surat at-Tin!
2 x 40 ‘
Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta:
Toha Putra, 1989
Eka Setiyani, dkk., PAI SMP Kelas IX.Karakter
Siswa yang DiharapkanReligius, Disiplin, Tanggungjawab, Gemar Membaca dan
Kreatif1.2 Menyebutkan arti QS At-TinQ.S at-Tin
Peserta didik menelaah dan mengenal kata mufradat surat
at-Tin
Peserta didik mengartikan surat at-Tin kata demi kata dan
secara keseluruhanPeserta didik membuat perbandingan antara surat at-Tin
Mengenali arti mufradat surat at-Tin
Mengartikan surat at-Tin
Menjelaskan arti surat at-Tin
Tes Tertulis
Pilihan Ganda
Arti kata balad al-amiin adalah ….
Negeri jujur
Negeri yang aman
Negeri yang sejahtera
Negeri makmur
2 x 40’Departemen Agama, Al-Qur’an
dan Terjemahnya, Jakarta: Toha Putra, 1989
Eka Setiyani, dkk., PAI SMP Kelas
IX.Karakter Siswa yang DiharapkanReligius, Disiplin, Tanggungjawab, Gemar
Membaca dan Kreatif1.3 Menjelaskan makna QS At-TinMakna
Surat At-Tin
Peserta didik menelaah makna surat
at-Tin dari sumber belajarPeserta didik menjelaskan makna surat at-Tin secara
konfrehensifPeserta didik mencari makna surat at-Tin yang terdapat dalam
beberapa tafsir al-Qur’an
Mengenali makna surat at-Tin
Menuliskan makna surat at-Tin
Menjelaskan makna surat at-Tin
TesTertulisPiligan GandaMakna pokok
yang terkandung dalam surat at-Tin adalah ….
Manusia makhluk yang sempurna
Manusia penguasa bumi
Manusia memakmurkan bumi
Manusia memimpin di atas bumi
2 x 40’Departemen Agama, Al-Qur’an
dan Terjemahnya, Jakarta: Toha Putra, 1989
Eka Setiyani, dkk., PAI SMP Kelas
IX.
Karakter Siswa yang
DiharapkanReligius, Disiplin, Tanggungjawab, Gemar Membaca dan Kreatif
Mengetahui,
Kepala Sekolah ………………….
……………………………………..
NIP. ………………………………..
|
……………………..,
………………………..2012
Guru Mata Pelajaran
………………………………………..
NIP. ……………………………………..
|
Contoh Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) PAI SMP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Berdasarkan
Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
IDENTITAS MATA PELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP …..
Mata Pelajaran
: Pendidikan
Agama Islam
Kelas / Semester
: IX / 1
Jumlah
Pertemuan : satu kali (pertama)
STANDAR KOMPETENSI
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1.1 Membaca QS At-Tin dengan
tartil
|
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
|
Peserta didik dapat membaca surat
At-Tin dengan tartil secara baik dan benar menurut ilmu tajwid
|
MATERI AJAR
Fakta
: Q.S At-Tin merupakan surat Makkiyah terdapat pada Juz ke-30 atau Jus ‘Amma
pada al-Qur’an
Konsep
: Isi dari surat At-Tin adalah:
Prinsip
: Surat At-Tin menceritakan tentang manusia sebagai makhluk Allah yang
sempurna.
Prosedur : Surat
At-Tin dibaca mulai dari ayat pertama sampai terakhir dengan ilmu tajwid
ALOKASI WAKTU
- Tatap muka
(TM)
: 60
Menit
- Tugas Terstruktur
(TT)
: 20 Menit
- Kegiatan Mandiri Tidak Terstuktur (KMTT) :
30 menit
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan
: CTL
Model
: Pembelajaran Langsung
Metode
:
Demonstrasi
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
Kegiatan
Pendidik
|
Kegiatan
Peserta didik
|
1
|
Pendahuluan ( 10 )-
Memulai belajar dengan basmalah dengan rasa
religius- Mencek
keadaan fisik dan psikis peserta didik
-
Menghubungkan materi membaca Q.S At-Tin dengan materi sebelumnya
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran secara bertanggungjawab
-
Menyampaikan sistem pembelajaran dengan membaca dan tadarrus
|
-
Membaca basmalah dengan rasa
religius- Menanggapi
pernyataan pendidik dengan menyampaikan kondisinya.
-
Mendengarkan pertanyaan Pendidik dan menjawabnya dengan tanggungjawab
-
Mendengarkan keterangan Pendidik tentang tujuan pembelajaran dengan mandiri
|
2
|
Kegiatan Inti ( 50
)Eksplorasi-
Pendidik mengajukan pertanyaan kepada peserta didik tentang peserta
didik yang telah mampu membaca Q.S At-Tin secara bertanggungjawab.
|
-
Peserta didik mengangkat tangan untuk menjawab pertanyaan tentang membaca Q.S
At-Tin dengan jujur
|
Elaborasi-
Pendidik meminta peserta didik menelaah surat At-Tin dengan penuh
tanggungjawab- Pendidik
melafalkan surat At-Tin dengan benar mengajukan pertanyaan kepada peserta
didik tentang peserta didik yang telah mampu membaca At-Tin dengan
penuh disiplin
-
Pendidik mendengarkan bacaan peserta didik dengan penuh tanggungjawab
|
-
Peserta didik membuka surat At-Tin dengan jujur-
Peserta didik mengikuti lafal pendidik dengan rasa tanggungjawab
-
Peserta didik membaca surat At-Tin sesuai pada teks dengan penuh rasa
tanggungjawab
|
|
Konfirmasi-
Pendidik melakukan penguatan terhadap bacaan surat At-Tin dengan rasa gemar
membaca
|
-
Peserta didik mengikuti bacaan surat At-Tin dengan rasa gemar membaca
|
|
3.
|
Penutup ( 10 menit )-
Pendidik menyimpulkan cara membaca surat At-Tin bersama peserta didik dengan
penuh rasa
tanggungjawab- Pendidik
memberikan refleksi dan arahan dengan menghargai prestasi
-
Pendidik menyampaikan perencanaan untuk remedial
-
Pendidik menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari minggu berikutnya
dengan rasa tanggungjawab
|
-
Peserta didik menyimpulkan dan membuat catatan penting dengan
jujur- Peserta didik
mendengarkannya dengan menghargai prestasi
-
Peserta didik mengikuti perencanaan pendidik untuk remedial secara mandiri
-
Peserta didik mencatat materi selanjutnya yang akan dipelajari secara mandiri
|
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen /
Soal
|
|
Tes
Praktik
|
Tes
Identifikasi
|
|
Rubrik/Pedoman penilaian:
Aspek
yg dinilai
|
Indikator
kemampuan
|
Skor
|
1. Kelancaran2. Bacaan surat
At-Tin3. Makhraj dan Mad
|
|
100
|
|
90
|
|
|
80
|
|
|
70
|
|
|
60
|
|
|
50
|
Lembar Instrumen Penilaian
No
|
Nama
|
Soal
|
Skor
|
1.
|
|||
2.
|
|||
3.
|
|||
4.
|
|||
5.
|
|||
…dst
|
SUMBER BELAJAR
- Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta:
Toha Putra, 1989
- Eka Setiyani, dkk., PAI SMP Kelas IX.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
…………………………………………
NIP.
…………………………………..
|
……………………..,
…………. 2011
Guru
Pendidikan Agama Islam
………………………………………
NIP.
…………………………………
|
Saran Kepala Sekolah:
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar