RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
MI…
Mata Pembelajaran :
Al-Qur’an Hadist
Kelas/Semester :
IV/I
Alokasi Waktu :
1 x 35 Menit
Standar Kompetensi
: Menghafalkan Surat-surat pendek
secara benar/salah
Kompetensi Dasar : Membaca surat al-‘Adiyat dan
surat al-Insyirah secara benar/salah
Indikator
Kompetensi : 1. Menghafalkan tiap
ayat dari surat Al-‘Adiyat (P)
2. Membaca tiap
Ayat surat Al-‘Adiyat (P)
3. Membaca surat
Al-‘Adiyat secara keseluruhan (P)
4. Melafalkan tiap
ayat dari surat Al-Insyiroh (P)
5. Membaca tiap
ayat surat Al-Insyiroh (P)
6. Membaca surat
Al-Insyiroh secara keseluruhan (P)
Tujuan Pembelajaran : 1.
Siswa dapat Membaca surat Al-‘Adiyat dan surat Al- Insyiroh.
Materi Pembelajaran :
Surat
Al-Adiyat dan surat Al- Insyirah
A. Surat
Al-Adiyat
Surat ini
termasuk golongan surat Makkiyyah dan Menempati urutan ke 100 dari 114 surat
dalam Al-Qur’an. Surat Al-Adiyat terdiri atas 11 ayat yang diturunkan sesudah
surat Al-‘Asr. Nama Al Adiyat diambil dari ayat pertama yang berarti Kuda
yang berlari kencang
Lafal surat
Al-‘Adiyat adalah sebagian berikut :
MANUSIA MENJADI KIKIR KARENA
TAMAKNYA KEPADA HARTa
A.
Surat Al-Insyirah
Surat ini termasuk golongan
surat makkiyah dan surat yang ke 94 dari 114 surat dalam Al-Qur’an
Surat Al-Insyirah terdiri dari
8 ayat yang diturunkan sesudah surat Ad-Dhuha,
Nama Al-Insyiroh diambil dari lafal Nasyrah pada ayat pertama yang
berarti Melapangkan.
Lafal Surat Al-Insyirah adalah
sebagian berikut :
Metode
Pembelajaran : 1. Drill
2.
Imla’
3.
Demontrasi
Langkah- Langkah
Pembelajaran :
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Memulai
dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a
b. Apersepsi
, Guru mengajak siswa mengingat kembali bacaan surat-surat pendek yang pernah
dipelajari ke kelas 3.
c. Memotivasi
membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai materi
2.
Kegiatan
Inti
a. Siswa
mengamati guru melafalkan satu ayat demi satu ayat surat al-Adiyat dengan benar.
b. Siswa
member tanggapan terhadap bacaan guru (Eksplorasi).
c. Siswa
secara bersama-sama melafalkan bacaan surat Al-Adiyat seperti yang di contohkan
guru (Eksplorasi).
d. Siswa
secara acak ditunjuk untuk menglafalkan
surat Al-Adiyat secara benar (Elaborasi).
e. Guru
membacakan potongan salah satu ayat surat Al-Adiyat kemudian siswa melanjutkannya (Elaborasi).
f.
Siswa menuliskan surat Al-Adiyat secara benar
dan rapi.
3.
Kegiatan
Penutup
a. Refleksi
: Mengadakan Tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
b. Guru
memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan lancer dan menulis dengan rapi
dan benar.
Media Pembelajaran : Al-Qur’an
Sumber
Pembelajaran :
1. Fata
Choirul.2009.Cinta AlQur’an dan Hadist 4. Solo : PT Tiga Serangkai Mandiri. Hal
2-7
Evaluasi
Pembelajaran :
1. Apa
arti Al-Adiyat ?
2. Bagaimana
bunyi surat Al-Adiyat ?
3. Surat
Al- Insyirah diambil dari lafal ?
4. Surat
Al- Insyirah terdiri dari berapa ayat ?
5. Bagaimana
bunyi surat Al- Insyirah ayat 5 ?
6. Lanjutkan
Ayat berikut ini ?
7. Lafal
di bawah ini adalah surat Al-Adiyat ayat ke berapa ?
Mengetahui, ………………. ,
……… 20…
Kepala
Mi………… Guru
Mapel Al-Qur’an Hadist
(……………………………………………………)(………………………………………………..)
Posting : http://jihadamizan.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar