Rabu, 27 Maret 2013

RPP AL- QUR"AN HADIST


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                   : MI…
Mata Pembelajaran        : Al-Qur’an Hadist
Kelas/Semester                               : IV/I
Alokasi Waktu                   : 1 x 35 Menit

Standar Kompetensi      : Menghafalkan Surat-surat pendek secara benar/salah
Kompetensi Dasar           : Membaca surat al-‘Adiyat dan surat al-Insyirah secara benar/salah
Indikator Kompetensi   : 1. Menghafalkan tiap ayat dari surat Al-‘Adiyat  (P)
                                                  2. Membaca tiap Ayat surat Al-‘Adiyat (P)
                                                  3. Membaca surat Al-‘Adiyat secara keseluruhan (P)
                                                  4. Melafalkan tiap ayat dari surat Al-Insyiroh (P)
                                                  5. Membaca tiap ayat surat Al-Insyiroh (P)
                                                  6. Membaca surat Al-Insyiroh secara keseluruhan (P)

Tujuan Pembelajaran      : 1. Siswa dapat Membaca surat Al-‘Adiyat dan surat Al- Insyiroh.

Materi Pembelajaran      :
                                                                Surat Al-Adiyat dan surat Al- Insyirah

A.     Surat Al-Adiyat
Surat ini termasuk golongan surat Makkiyyah dan Menempati urutan ke 100 dari 114 surat dalam Al-Qur’an. Surat Al-Adiyat terdiri atas 11 ayat yang diturunkan sesudah surat Al-‘Asr. Nama Al Adiyat diambil dari ayat pertama yang berarti Kuda yang berlari kencang

Lafal surat Al-‘Adiyat adalah sebagian berikut :

MANUSIA MENJADI KIKIR KARENA TAMAKNYA KEPADA HARTa






A.     Surat Al-Insyirah
Surat ini termasuk golongan surat makkiyah dan surat yang ke 94 dari 114 surat dalam Al-Qur’an
Surat Al-Insyirah terdiri dari 8 ayat yang diturunkan sesudah surat Ad-Dhuha,  Nama Al-Insyiroh diambil dari lafal Nasyrah pada ayat pertama yang berarti Melapangkan.

Lafal Surat Al-Insyirah adalah sebagian berikut :

Metode Pembelajaran : 1. Drill
                                                2. Imla’
                                                3. Demontrasi

Langkah- Langkah Pembelajaran :
1.       Kegiatan Pendahuluan
a.       Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a
b.      Apersepsi , Guru mengajak siswa mengingat kembali bacaan surat-surat pendek yang pernah dipelajari ke kelas 3.
c.       Memotivasi membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai materi
2.       Kegiatan Inti
a.       Siswa mengamati guru melafalkan satu ayat demi satu ayat surat al-Adiyat dengan benar.
b.      Siswa member tanggapan terhadap bacaan guru (Eksplorasi).
c.       Siswa secara bersama-sama melafalkan bacaan surat Al-Adiyat seperti yang di contohkan guru (Eksplorasi).
d.      Siswa secara acak ditunjuk  untuk menglafalkan surat Al-Adiyat secara benar (Elaborasi).
e.      Guru membacakan potongan salah satu ayat surat Al-Adiyat kemudian siswa melanjutkannya  (Elaborasi).
f.        Siswa menuliskan surat Al-Adiyat secara benar dan rapi.


3.       Kegiatan Penutup
a.       Refleksi : Mengadakan Tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
b.      Guru memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan lancer dan menulis dengan rapi dan benar.

Media Pembelajaran     : Al-Qur’an

Sumber Pembelajaran  :

1.       Fata Choirul.2009.Cinta AlQur’an dan Hadist 4. Solo : PT Tiga Serangkai Mandiri. Hal 2-7

Evaluasi Pembelajaran  :
1.       Apa arti Al-Adiyat ?
2.       Bagaimana bunyi surat Al-Adiyat ?
3.       Surat Al- Insyirah diambil dari lafal ?
4.       Surat Al- Insyirah terdiri dari berapa ayat ?
5.       Bagaimana bunyi surat Al- Insyirah ayat 5 ?
6.       Lanjutkan Ayat berikut ini ?




7.       Lafal di bawah ini adalah surat Al-Adiyat ayat ke berapa ?











                              


                             Mengetahui,                                                         ………………. , ……… 20…
Kepala  Mi…………                                                                       Guru Mapel Al-Qur’an Hadist




                                                                                                                                                                                                (……………………………………………………)(………………………………………………..)            




Posting :    http://jihadamizan.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar